Bagaimana Membuat custom form di wordpress


Salah satu bentuk dari custom form salah satunya adalah contact form. untuk melihatnya bisa klik disini.  Contact form dapat mempermudah hubungan antara yang akan mengirimkan data pada suatu blog misal email dengan admin blog. Apabila kita ingin membuat suatu form/formulir dalam postingan kita dalam wordpress kita dapat menggunakan fasilitas custom form yang telah disediakan oleh WordPress.com pengen tahu bagaiman cara membuat dan contonya langsung saja simak langkah-langkah berikut :

Pertama : login blog anda

Setelah anda masuk dashboard blog anda cari “post” dan klik “add new

Silahkan klik pada icon “add a custom form



Custom formnya anda bisa mengedit sesuai yang anda inginkan

klik “edit” untuk mengedit form yang anda inginkan

ket :

labe : isi dengan nama yang anda inginkan pada label tersebut

field type : Pilih tipe yang anda ingin gunakan

  1. name :
  2. checkbox
  3. dropdown
  4. email
  5. ratio
  6. text
  7. text area
  8. website

Silahkan anda coba sendiri saya yakin anda akan lebih paham

Setelah selesai mengedit jangan lupa klik “save this field

Setelah selesai mengedit formnya jangan lupa juga save custom form yang sudah selesai anda edit dengan tekan tombol “add this form to my post

Selesai deh ?

selamat mencoba …

semoga bermanfaat

by : rifaz

Iklan

5 Tanggapan

  1. bagus banget nih artikel, kalo ada artikel yang custom theme wordpress kabarin ya gan

  2. Artikelnya membantu gan…..
    kloh ad watuk mampir k sini http://www.Riefqi.com

  3. gan caranya menampilkan widget dikanan dan kiri seperti blog ini itu gmn? maklum ane newbie ,baru nyoba wordpress 😀 ane pake template tweentyteen sama seperti web ini ,tolong kasih tutornya 😀

  4. Wah…
    mantap ini..
    ntar coba ah…
    tapi mau kul dulu sekalang..
    hehe..
    🙂

    • oke…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: