Apa itu Domain dan hosting ?


Domain dan hosting

Ketika suatu saat kita hendak mengakses suatu situs web tertentu, biasanya kita cukup mengetikkan alamat situs web tersebut pada browser yang digunakan, dan dalam beberapa saat, tampilan situs yang kita tuju akan segera terpampang pada layar monitor. Demikian pula saat kita saling berkirim email, yang kita butuhkan hanyalah sebuah alamat email untuk menentukan kemanakah pesan kita akan dikirim. Semua kemudahan itu tidak lepas dari peranan domain.

Domain adalah sebuah nama pengganti deretan nomor (IP) yang mungkin sedikit sulit untuk diingat dan dihafalkan, nama ini berguna untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server dan email server

Hosting merupakan space(tempat) dalam server komputer yang di gunakan untuk menempatkan file-file blog kita yang ada. Apabila kita kaitkan domain dengan hosting maka, Domain adalah alamat yang di gunakan untuk menuju tempat penempatan data dan file tersebut.

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user. Apakah anda sedikit paham ?

semoga bermanfaat,

by: rifaz

4 Tanggapan

  1. wew makasih infonya gan… saya masih belum mudeng bener sama ama yang namanya hosting dan domain….

    salam kenal gan… 😀

  2. Mantab gan infonya…
    coz banyak orang yg blon ngerti ttg domain dan hosting 🙂

  3. trimaksih atas kunjungannya sob, ini adalah kunjungan balik saya

Tinggalkan komentar