kesehatan reproduksi remaja


MENCINTAI DIRI DENGAN MENJAGA ORGAN REPRODUKSI

REMAJA DAN PERKEMBANGANNYA
Masa remaja merupakan masa yang penuh gairah,semangat,coba-coba, mencari jati diri serta menyukai tantangan.Remaja sendiri didefinisikan sebagai masa peralihan dari masa kanak-kanak kemasa dewasa.Batasan usia remaja menurut WHO adalah 12 sampai 24 sedangkan menurut KHA dan UUPA adalah manusia yang berumur dibawah 18 tahun. Dunia anak /remaja memerlukan pendampingan dan juga pijakan pendidikan yang intens dan efektif.pada masa-masa ini remaja akan mencoba memahami dirinya sendiri.Kepribadian mulai akan terbentuk bagaimana ia bergaul,bersosialisasi,keterkaitan antar jenis dsb.

DISKUSI EFEKTIF DENGAN REMAJA

Jangan menggurui dan jangan beranggapan bahwa kita lebih mengetahui sesuatu dibanding dengan remaja.Berikan kesempatan kepada remaja untuk mengemukakan pandanganya.Berikan argument yang jelas dan masuk akal terhadap sutu persoalan.Breikan dukungan pada remaja jika patut diberikan dukungan. Psikolog Josa N dari Jakarta menyampikan bahwa remaja terutama perempuan cenderung tertutup dalam komunitas pergaulannya dan lebih memilih mengespresikan diri melalui dunia maya dengan membuat blok atau website dengan menampilkan profil tentang dirinya lengkap dengan foto-foto yang biasa sampai foto yang menampilkan leekuk tubuh yang direkam dengan kamera HP atau kamera digital yang bias diakses lewat dunia maya.

KENAPA HARUS ADA DISKUSI UNTUK REMAJA???

Diskusi-diskusi yang dilakukan untuk kalangan remaja akan sangat efektif jika dilakukan pada waktu-waktu dan kemasan acara yang tepat,seperti bagaimana memilih waktu,memilih model diskusi membuat bahasa dan komunikasi yang pas dengan sekmen mereka. Ada kalangan remaja yang cenderung tertutup dan juga malu jika membicarakan masalah organ reproduksi mereka. Padahal pendidikan seks haruslah diberikan sedini mungkin dengan terlebih dulu memberikan pijakan-pijakan kepada mereka. Beberapa hal yang sering didiskusikan dengan remaja antara lain :
v Apa itu reproduksi?
v Apa itu kesehatan reproduksi remaja?
v Apa itu kesehatan reproduksi remaja?
v Mengapa remaja perlu mengetehui kesehatan reproduks?
v Dll

REMAJA DAN UPAYA MENJAGA ORGAN REPRODUKSI

Sebenarnya apa sih yang dimaksud reproduksi? Reproduksi sering disebut dengan membuat manusia kembali untuk meneruskan keturunan sehingga akan muncul generasi-generasi baru yang akan menjadi perpanjangan garis keturunan keluarga. Istilah reproduksi itu sendiri berasal dari dua kata yaitu re = kembali dan produksi = membuat atau menghasilkan,reproduksi mempunyai arti suatu proses kehidupan manusia dalam menghasilkan keturunan demi kelestarian hidup.

KESEHATAN REPRODUKSI

Kesehatan reproduksi adalah keadaan sejahtera fisik,mental,dan sosial yang utuh dalam segala hal yang berkaitandengan fungsi,peran,dan sistem reproduksi. Sehingga manusia yang memiliki kesehatan reoroduksi yang baik akan mempermudah dalam proses masa tumbuh kembang baik secara fisik social dan emosional.

SEKS,SEKSUALITAS , KESEHATAN SEKSUAL

Seks adalah perbedaan badani atau biologis perempuan dan laki-laki yang sering disebut jenis kelamin. Seksualitas menyangkut gerbagai dimensi yang sangat luas yaitu dimensi biologis ,social ,prilaku dan cultural.seksualitas dari dimensi biologis berkaitan dengan organ reproduksi dan alat kelamin termasuk bagimana menjaga kesehatan dan memfungsikan secara optimal organ reproduksi dan dorongan seksual. Seksualitas dari dimensi psikologis erat kaitannya dengan bagaimana menjalankan fungsi sebagai makhluk seksual, identitas peran atau jenis. Kesehatan seksual adalah kemapuan seseorang mencapai kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang terkait dengan seksualitas. Hal ini ini tercermin dari ekspresi yang bebas namun bertanggung jawab dalam kehidupan pribadi dan sosialnya. Bukan hanya tidak adanya kecacatan, penyakit atau gangguan lainnya.

Tinggalkan komentar